Apakah kamar Anda berukuran sempit dan ingin disulap jadi lebih lega? Well. Merenovasi kamar berukuran kecil, selain menyenangkan juga menantang pastinya. Teknik penataan yang tepat, tips mendesain interior dan penggunaan furnitur multifungsi dapat mengubah suasana kamar sempit menjadi nyaman dan lega, berikut ini tipsnya untuk Anda.

1. Mainkan Seni Warna
Unsur warna memiliki ikatan emosi. Penggunaan warna putih, membuat kesan luas dan lega. Namun jika menurut Anda warna putih terlalu monotone, Anda bisa tambahkan warna lain seperti merah bata, kuning atau cokelat. Warna ini sangat cocok dipadukan dengan tembok batu bata dan perabot kayu.

2. Perbanyak Cahaya Masuk
Untuk mendapatkan cahaya maksimal, Anda bisa menggunakan material jendela kamar berukuran besar, supaya cahaya dapat masuk sempurna ke dalam kamar. Untuk menjaga supaya tidak terlihat dari luar, cukup tutupi jendela dengan roller blind atau penutup jendela dari renda atau voile.

kanarealty rumah minimalis

3. Maksimalkan Ruang Simpan
Biasanya banyak ruang kosong di kamar yang tidak terpakai, dan jika dibiarkan maka akan menyebabkan tumpukan debu dan sarang laba-laba. Untuk mensiasati hal itu, juga memaksimalkan fungsi ruang kosong. Anda bisa menaruh almari besar – tinggi mencapai langit-langit kamar. Selain baju, almari itu dapat digunakan untuk menaruh buku, hiasan, foto, dll. Yang kedua, Anda bisa merenovasi tempat tidur menjadi multifungsi yang bisa dimanfaatkan sebagai almari, rak buku, atau laci dorong tempat bantal, selimut atau baju.

 

4. Gunakan kaca dan cermin
Ilusi ruangan menggunakan kaca, sangat cocok untuk ruang kamar berukuran sempit. Tempatkan cermin / kaca pada bagian dinding kamar Anda. Teknik ini akan membuat ruang kamar serasa dua kali lebih luas.

5. Gunakan Wallpaper
Dalam ruang kamar yang berukuran memanjang, gunakan wallpaper pada tembok yang letaknya di ujung ruangan supaya atembok tersebut terlihat seolah-olah lebih maju. Wallpaper tersebut akan menjadi daya tarik dan pusat perhatian, sehingga kamar sempit menjadi lebih lega.

6. Jaga sedikit barang
Jangan menumpuk barang-barang yang tidak perlu di kamar. Selain memenuhi ruang kamar, juga sarang debu, dan menjadi tidak elok dipandang. Gunakan hanya barang-barang primer saja. Hal ini, selain menantang untuk hidup lebih sederhana, juga berkualitas dengan memaksimalkan penggunaan barang-barang berkualitas.

Referensi: Arsitag.com

Sekian dulu ya tips-nya, semoga menginspirasi. Dan bisa Anda aplikasikan untuk menyulap kamar Anda menjadi lebih nyaman dan lega.

Kanarealty mulai aktiv membagikan tips seputar rumah di web ini, ikuti terus informasinya ya. Kamu juga bisa follow ig @kanarealty_ untuk mendapatkan info seputaran tips rumah, tanah kavling yang dijual, rumah murah yang dijual dan berbagai informasi bermanfaat lainnya. Klik untuk mengikuti