millenial-sulit-punya-rumah

Harga tanah dan rumah kian meroket dari waktu ke waktu.

Untuk itu, membeli rumah harus disegerakan, terutama bagi para kaum milenial. Wakil Ketua DPP Real Estate Indonesia (REI) Hari Gani memperingatkan kaum milenial agar segera membeli rumah. Tips atau caranya dengan menyisihkan gaji setiap bulan sebesar 30% dan rajin berinvestasi.

“Yang utama adalah jangan tunda pembelian rumah. Karena kita tahu, kenaikan harga rumah jauh lebih tinggi dari kenaikan gaji mereka (para milenial). Itu bahaya, mereka harus mencicil, mereka harus mengalokasikan setidaknya 30% dari gaji mereka untuk cicil rumah. Jangan sampai terlupakan,” ujar Hari, di Kembang Goela, Kamis (5/9/2019).

rumah-dp-5-persen

Rumah DP 5% 3 Kamar, Available 8 unit lagi

Menurutnya, tidak memungkiri kalau zaman terus berubah, di mana hal ini menjadi tantangan kaum milenial karena pengeluaran sekarang lebih besar dibanding generasi-generasi sebelumnya.

“Ada indikasi bahaya dalam kaum milenial ini. Zaman dulu saya baru tamat kuliah, itu udah kepikiran buat cicil rumah. Gak sulit untuk cicil rumah saat itu. Kalau anak zaman sekarang berbeda, mereka ada biaya tambahannya, seperti nongkrong, ngopi, hingga makan siang di restoran cepat saji atau cafe. Belum lagi kaum milenial ini senang berekreasi. Pengeluarannya pasti besar sehingga sulit untuk cicil rumah,” jelasnya.

Untuk itu, Hari mengatakan kalau perlu ada edukasi yang ditargetkan ke kaum milenial dalam rangka untuk mengingatkan mereka soal kenaikan harga rumah. Diharapkan mereka bisa mulai mencicil dari sekarang.

“Nanti kita akan edukasi mereka. Kita bakal cerita-cerita, memberi fakta empiris apa yang terjadi di zaman kita dulu, apa yang terjadi dengan kenaikan harga rumah,” tandas Hari.

Alasan Generasi Millenial Sulit Punya Rumah

  1. Pengeluaran Generasi Millenial Tinggi
  2. Kenaikan Harga vs Kenaikan Upah belum sebanding
  3. Suku Bunga pembelian rumah yang belum sesuai dengan karakteristik Anak Muda
  4. Millenial Pekerja Kreatif

Pesan bagi generasi Millenial: Perlu menanamkan pola pikir atau mindset bahwa rumah adalah kebutuhan pokok. Menyisihkan penghasilan untuk tabungan masa depan, membeli rumah sesuai keinginan. Yang terpenting agar cepat punya rumah adalah, beli rumahnya dulu, nanti punya anak satu tambah kamar, punya anak dua, tambah kamar, jadi harus punya rumah sejak muda – Ananta.

millenial-sulit-punya-rumahApalagi melihat fakta harga rumah di kawasan kota besar semakin lama semakin mahal. Bahkan di beberapa lokasi strategis di jakarta, harga rumah sudah menyentuh angka miliaran rupiah. Namun tenang aja, soalnya banyak juga anak muda yang bisa beli rumah bahkan di usia yang tergolong sangat muda. Bukan karena gajinya yang besar, melainkan karena mereka bisa mengelola segala kebutuhan secara cepat dan tepat.

Apa saja tips nya? Kita simak

  1. Menabung dan berinvestasi. Syarat paling penting bagi generasi millenial yang pengin beli rumah dengan budget pas-pasan adalah dengan menabungn dan berinvestasi. Sebab, sebesar apapun pendapatan kamu kalo nggak ada dana yang dialokasikan untuk hal ini maka akan sia-sia, entah itu akan keluar untuk belanja, hiburan atau menjalankan hobi.
  2. Memaksimalkan fasilitas KPR jangka panjang. Dengan memaksimalkan fasilitas KPR dengan tenor yang panjang,maka kamu akan dapat angsuran yang lebih terjangkau.
  3. Manfaatkan rumah baru sebagai kontrakan. Kalau kamu mengalami kesulitan selama mencicil rumah, bisa coba mengontrakkannya kepada orang lain. Jadi, gak perlu dihuni langsung. Kamu bisa menggunakan rumah yang udah ada untuk ditinggali sementara. sedangkan uang cicilan itu, dipakai untuk menutup kekurangan pembayaran rumah. Enaknya lagi kalau ada lebihnya, bisa untuk tambahan uang jajan.
  4. Meriset harga rumah sebelum membelinya. Tujuan riset, supaya kamu gak rugi ataupun ketipu sama harga beli hunian tersebut. Salah satunya dengan mengetahui harga-harga rumah di sekitarnya, atau di wilayah tempat yang kamu akan beli rumahnya.
  5. Manfaatkan status pegawai untuk menyicil rumah. Biasanya ada beberapa perusahaan di indonesia yang memberikan bantuan kepada pegawainya untuk membeli rumah dengan kpr. Kamu bisa cari informasi ini ke departemen terkait. Umumnya pns akan lebih mudah mendapatkan persetujuan dari pihak bank, alasannya karena gaji dan tunjangan tergolong aman untuk menyicil rumah.

Dikutip dari berbagai sumber: Okezone, Glint

Ditulis oleh Admin