seleb in makin tajir dengan bisnis properti

Bagi sebagian Artis dan seleb mungkin hal yang mudah untuk bisa memiliki rumah mewah, mobil mewah dan kehidupan yang glamour. Tahukah kamu, mereka ternyata juga pandai mengelola uangnya. Dan sumber utama yang menjadi bisnis sampingan para artis adalah Properti. Berikut ini daftar artis dan seleb yang jago ngelola bisnis properti.

1. Raffi Ahmad

Kata raffi, ia memiliki bisnis properti karena ingin mempersiapkan diri secara matang sebelum memasuki usia tua. Dalam sebuah wawancara, Raffi mengaku melakukan sejumlah bisnis seperti otomotif. Namun karena harga kendaraan menyusut setiap waktu, dia merasa butuh untuk belajar bisnis properti sebagai alternatif menambah penghasilan. Selain itu, risiko kerugian bisnis properti konon hanya 5 persen, lebih kecil dibandingkan investasi kendaraan yang bisa menderita kerugian 10 persen.

Cara berbisnis property Raffi cukup unik dengan membeli properti tersebut ketika pre-launching. Karena saat launching biasanya harga naik 100-200 persen sehingga dia memanfaatkan momen sebelum launching. Selain Jakarta dan Bali, Raffi Ahmad turut menggerakkan bisnis properti di tanah asalnya, yakni Bandung.

2. Cyntiara Alona

Artis Indonesia asal Aceh, Cynthiara Alona merintis bisnis properti sejak tahun 2009. Dengan modal terbatas, ia menjalankan usaha bisnis properti berupa sewa rumah kost dengan fasilitas elegan. Rumah kost yang diberi nama Kia Residence, mematok harga Rp2,5 sampai Rp4 juta per bulan. Fasilitasnya pun cukup lengkap, mulai dari Wi-Fi, AC, hingga meja biliar serta kolam renang. Mendapatkan omzet yang signifikan, Alona kemudian membuka cabang rumah kost miliknya di sejumlah titik kawasan Jakarta. Selain itu, ia juga melebarkan sayap ke Bali dengan membeli sebuah kavling dan membangun vila di sana.

Tak sampai di situ. Alona juga membeli 15 kamar apartemen yang kini dapat disewakan. Meski sukses dan telah merengkuh penghasilan hingga ratusan juta per bulan, namun Alona sempat merasakan pahitnya bisnis properti juga. Pertama, Alona mengaku bahwa mencari lahan untuk bisnis properti tidak semudah yang dibayangkan. Kedua, ia juga pernah ditipu oleh perusahaan kontraktor.

Seluruh pengalaman yang Alona dapatkan, ia jadikan pelajaran berharga dan modal semangat agar tidak berhenti menjalankan bisnis properti di masa depan. Alona mengakui bahwa bisnis properti tidak pernah mati dan selalu dibutuhkan masyarakat. Apalagi, keuntungan yang didapat juga bisa begitu berlipat ganda.

3. Nikita Willy

Mulanya, artis Indonesia Nikita Willy fokus menjalankan syuting saja. Sampai pada suatu hari, ia meminta sang ibu, Yora Febrine, untuk menginvestasikan honornya di ranah bisnis properti. Niki melakukan bisnis properti dengan cara mencari tanah dijual, kemudian membelinya dan sebagian dibangun rumah. Hingga tanah dan rumah miliknya banyak, Nikita dan sang ibunda lalu kebingungan untuk mengurus properti-properti yang tersebar di daerah Jatiwaringin, Jakarta Timur tersebut. Sebagai upaya mengatasi rasa kesulitan, Nikita lalu berpikiran untuk menyatukan semuanya menjadi cluster.

Seluruh pembangunan cluster diatur oleh ibunya sendiri sendiri. Nama cluster tersebut adalah Winona Residence, sesuai dengan nama sang adik. Nikita memilih investasi bisnis properti karena merasa cocok dan belum memikirkan bidang lain. Terlebih, ibunya juga menguasai jenis usaha yang satu ini. Sang ibu mengawasi pembangunan cluster, mulai dari memilih bahan dasar hingga struktur yang dibangun.

Niki turut terlibat dengan cara memilih konsep desain. Ia bekerja sama dengan salah satu arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Niki terbilang sukses membangun cluster tersebut. Pada sebuah wawancara, ia mengaku menginvestasikan seluruh uang tanpa meminjam ke bank, melainkan penghasilan pribadi. Dari penjualan unit hunian cluster yang dibangun, Nikita Willy berhasil mendapatkan keuntungan berlipat ganda jika dihitung dari modal yang telah dikeluarkan.

4. Citra Kirana

Citra Kirana juga berkiprah di ranah bisnis properti. Citra membangun rumah kontrakan di kota asalnya, Bandung. Hal itu terjadi karena ia ingin membangun bisnis yang berdekatan dengan keberadaan keluarga. Selain itu, target segmentasi rumah kontrakan milik Citra Kirana ditujukan pada masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Finalis Gadis Sampul 2007 tersebut menaruh segmentasi kalangan menengah ke bawah karena percaya bahwa seluruh kelas masyarakat bisa dan berhak tinggal di rumah. Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, Citra konon membangun bisnis propertinya di dekat tempat potensial, yakni dekat dengan pabrik. Tak sendirian, Citra yang juga akrab disapa Ciki ini mengajak keluarga seperti ayah, ibu dan saudaranya untuk bergabung.

Terlebih, orangtua Citra juga telah lama bergerak di ranah bisnis. Dengan begitu, dia bisa mendiskusikan banyak hal bersama sang ayah dan ibu. Dengan usianya yang masih muda, Citra yang kini berusia 24 tahun mengaku ingin mempersiapkan kematangan finansial dari sekarang. Oleh karena itu, Citra Kirana menyisihkan banyak dari pendapatan untuk bisnis properti rumah kontrakan di Bandung.

5. Maia Estianti

Maia Estianty juga pandai dalam menggerakkan bisnis properti. Cara yang dilakukan Maia cukup unik, yakni membeli apartemen lalu menjualnya kembali. Terdengar sederhana, bukan? Padahal di balik hal tersebut, ibunda Al, El dan Dul ini melakukan upaya yang cukup besar.

Ya, Maia mengubah interior apartemen tersebut secara habis-habisan sampai akhirnya bergaya mewah. Setelah tampak elegan, barulah Maia menjualnya. Jangan salah, keuntungan yang didapat bisa menyentuh angka ratusan lho! Tak heran, apartemen Maia ini banyak diminati oleh kalangan sosialita.

6. Tukul Arwana

Presenter Bukanlah Empat Mata ini rupanya juga serius melakukan usaha properti. Walau sekarang ini kariernya didunia entertainment tetap masih jalan, tetapi Tukul tidak ingin cepat terbuai. Terlebih, ia berasumsi kalau dunia keartisan tidak dapat bertahan lama. Portofolio property yang ia punyai berbentuk tempat tinggal kontrakan serta tanah. Asetnya bermula dari tiga tempat tinggal kontrakan yang semasing memiliki ukuran 3 x 8 mtr. di daerah Jl. Haji Jian, Cipete, Jakarta Selatan. Ia menyewakan tempat tinggal kontrakan itu dengan tarif Rp 1 juta per bln.. Kontrakan yang ia punyai mulai sejak th. 2000 itu telah diperlengkapi dengan AC. Saat pendapatannya didunia entertainment makin bertambah jadi aset berbentuk propertinya juga selalu jadi tambah. Saat ini, pria bernama asli Tukul Riyanto ini telah mempunyai beberapa ratus pintu kontrakan. Untuk Tukul, investasi property itu dapat dipakai untuk periode panjang. Bahkan juga nilainya selalu jadi tambah terutama tanah di tepi Jakarta. Baginya, lokasi itu lama-lama bakal jadi ramai serta mempunyai nilai investasi yang makin mahal

7. Ayu ting-ting

Ayu ting-ting memiliki bisnis kontrakan dan kosan. Bisnis ini kata ayu, sebenarnya adalah ide dari sang ayah – Abdul Rojak. Ayu mengakui, sang Ayah memintanya mengumpulkan uang hasil artis untuk kmembangun kontrakan.

Dari dulu, saya kalau uang lebih baik dipakai buat bikin kontrakan dan kosan” kata ayu dikutip dari grid.id. Dulu ayah bilang uangnya disimpan, takut ada ruginya kalau bisnis, kalau konrakan enggak ada ruginya. Kalau orang kayak saya, tanah dibanyakin, jarang punya usaha, kata ayu. Bahkan cita-cita ayu mau buat rumah kontrakan sebanyak 100 pintu. Luar biasa ya!

8. Zaskia Gotik

Ia menamai kontrakannya berlokasi di kawasan sukatani, cikarang, bekasi dengan nama “kontrakan gotik”. Demi mendirikan kontrakan 10 pintu ini, zaskia rela merogoh kocek sampai ratusan juga rupiah. Kata zaskia “Ini kontrakan 10 pintu, satu kamar rp. 700 ribuan, murah kalau eneng yang kasih harga.” dalam wawancara bersama nova.id tahun 2015 silam.

9. Naysila Mirdad

Nay mendirikan usaha kontrakan dan kost di jalan setiabudi bandung jawa barat. Informasi pada tahun 2014 aja, nay udah punya sebanyak 23 kamar dan saat itu ia mau ngembangin jadi 50 kamar. Awal mula nay mendirikan kontrakan, punya cerita menarik. Konon dulu keluarganya sering bolak-balik dari jakarta-bandung.

sumber: 99.co, grid.id