merenovasi rumah 2 lantai

Kita semua udah tahu, bahwa harga tanah meningkat terus dari tahun ke tahun. Apalagi di perkotaan, kenaikannya bisa tinggi dan cepat seiring pertumbuhan di kota itu sendiri. Sedangkan kita perlu menambah luas rumah, apalagi bertambahnya anak atau barang-barang yang makin menumpuk. Nah, sebagai solusi alternatif selain membeli tanah karena makin mahal, bisa disiasati dengan menaikkan luas rumahnya ke atas (baca: lantai dua).

Namun, masalahnya adalah rumah yang ditempati ini konstruksinya kuat untuk menopang bangunan dua lantai atau tidak? Jika fondasinya kuat, oke bisa dilanjut renovasi rumahnya. Namun jika tidak maka harus membangun fondasi cakar ayam susulan (suntik). Caranya adalah dengan memotong fondasi pada titik yang tepat.

Jika denah desain rumah dengan dua lantai dibangun dengan tidak bersambung atau diletakkan di atas dinding lantai satu, maka tidak diperlukan lagi bangunan rumah lantai satu dengan konstruksi besi dan pondasi.

Yang dibutuhkan adalah membangun ring bawah (sloof) pondasi cakar ayam baru yang akan digunakan untuk membangun lantai dua. Setelah dibuat titik-titik pondasi, maka buatlah area untuk cakar ayam dan jalur sloof. Setelah itu instruksikan kepada pekerja bangunan untuk membuat sloof baru yang diletakkan tepat dibawah sloof lama. Hal tersebut dilakukan agar kekuatan daya tarik sloof lama tetap memiliki kekuatan yang diperlukan. Agar dapat menghemat biaya pondasi rumah satu lantai menjadi dua lantai disarankan untuk denah pada dinding lantai 2 tidak dibangun bertepatan di atas dinding lantai satu. Akan tetapi jika anda menginginkan agar tembok lantai dua didirikan tepat di atas tembok lantai satu, maka anda perlu membuat konstruksi ring balk yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan ring balk berfungsi untuk untu penarik, penekan, dan penyangga.

Misalnya dalam sebuah studi kasus, sebuah keluarga menginginkan dua buah kamar tidur yang berada di lantai dasar dan dua buah kamar tidur lainnya di lantai dua. Masing-masing lantai terdapat satu buah kamar mandi sehingga dalam satu bangun rumah terdiri atas dua kamar mandi. Keluarga tersebut tetap ingin menikmati pemandangan taman yang ada di halaman depan dan belakang rumah. Lalu bagaimana caranya?


1. Pertama-tama jika anda memiliki dapur di belakang rumah, maka siasatilah sedemikian rupa agar dapur tersebut bisa dipindahkan ke bagian samping rumah. Tunjuannya adalah untuk efisiesi penggunaan luas bangunan. Kemudian buatlah dua pintu masuk, satu pintu sebagai pintu utama rumah anda. Sedangkan pintu satunya lagi adalah akses untuk menuju dapur anda.

2. Selanjutnya dua kamar tidur pada bangun rumah sebaiknya diletakkan pada bagian samping ruang tamu dan bagian belakang rumah. Selanjutnya anda perlu menerapkan open living room and kitchen floor plans yang akan menyatukan ruang tamu dengan ruang keluarga hingga dapur. Sehingga ruangan dalam rumah akan terasa lebih luas.

3. Berikutnya anda juga bisa menrapkan model atap pelana. Model ini dianggap paling ekonomis dalam pengeluaran budget proyek renovasi rumah dengan struktur yang menempel pada sisi kiri dan kanan. Anda juga tidak membutuhkan adanya sambungan atap yang beresiko terjadinya kebocoran dikala hujan turun.

4. Selanjutnya dua kamar tidur yang berada di lantai dua sebaiknya dibuat dengan ukuran sedang sampai dengan minimalis. Usahakan agar tidak ada ruangan dalam desain rumah yang tidak efektif penggunaannya.

5. Gunakanlah area yang berada di belakang rumah untuk mencuci pakaian. Sedangkan untuk menjemur pakaian bisa menggunakan lantai dua dengan sedikit merubah desain rumah yang ada. Tower air untuk kebutuhan sehari-hari juga bisa diletakkan berdekatan dengan tempat penjemuran pakaian. Tower air yang mudah dijangkau juga memudahkan untuk perawatan dan pembersihannya.

 

Bagi Anda yang membutuhkan jasa konstruksi atau pembuatan gambar arsitek 3 dimensi / drafter. Dapat menggunakan jasa kami, dengan pilihan paket harga yang sangat terjangkau. Untuk pemesanan disain, atau jasa konstruksi silakan menghubungi:

Lukman +6281573644402

Fauzi +6281290848487

Sumber: griyarenovasi.com